KELEBIHAN DAN KEKURANGAN 20 JENIS SEARC ENGINE



1.   GOOGLE

KELEBIHAN (+)

1.    Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2.    lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3.    Tampilan yang sederhana.
4.    Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5.    Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

KEKURANGAN (-)

1.    Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.



2.   YAHOO

KELEBIHAN (+)

1.    Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2.    Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3.    Fiturnyanya yang komplit.
4.    Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

KEKURANGAN (-)

1.    loadingnya membutuhkan waktu yang lama


3.  MSN (Microsoft)

KELEBIHAN (+)

mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.

KEKURANGAN (-)

1.    pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2.    Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4.  ALTAVISTA

KELEBIHAN (+)

1.    keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2.    Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
KEKURANGAN (-)

1.    Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.

5.   ALLTHEWEB

KELEBIHAN (+)

1.    Kemudahan dalam mencari.
2.    Tampilan yang sederhana seperti Google.
3.    Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4.    Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.

KEKURANGAN (-)

1.    Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2.    Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3.    Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.


6.   ASK.COM

Dulu namanya adalah Ask Jeeves (Jeeves adalah karikatur eksekutif pria yang lihai menjawab segala pertanyaan). Situs ini bisa menjadi alternative sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya.

KELEBIHAN (+)

1.    Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.





7.   LYCOS

KELEBIHAN (+)

1.    Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2.    Dalam hal pencarian cepat.
3.    Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4.    Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.

KEKURANGAN (-)

1.    Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.

2.    Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data

8.  BING

KELEBIHAN (+)

1.      Mempunyai fasilitas instant answer. Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memberikan jawaban.
2.      Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail. Apabila pengguna melakukan pencarian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail.
3.      Kotak detail pada link hasil pencarian. Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.
4.      Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.
5.      Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir.

KEKURANGAN (-)
1.    Tidak dapat berhitung.
2.    Fiturnya tidak lengkap.
3.    Bing.com kurang di minati oleh pengguna.
4.    Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.


9.   WINDOWS LIVE SEARCH

Pengembangan yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter. Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan, misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan sebagainya.
Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru, Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang diberi nama Bing, kepada seluruh pengguna Internet di dunia.

KELEBIHAN (+)

1.    Mampu mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupun musik, serta lainnya.

KEKURANGAN (-)

1.    Search engine ini tidak begitu populer


10. WEB CRAWLER

Web crawler adalah suatu program atau script otomatis yang relatif simple, yang menggunakan metode tertentu untuk melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya. Sebutan/julukan lain untuk web crawl adalah web spider, web robot, bot, crawl dan automatic indexer.
Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.
Search engine bukanlah satu-satunya pengguna web crawl. Linguist bisa menggunakan web crawl untuk melakukan analisis tekstual; yaitu, mereka bisa menyisir Internet untuk menentukan kata apa yang paling umum digunakan hari ini (keyword populer). Peneliti pasar dapat menggunakan web crawl untuk menentukan dan memanipulasi trend pada suatu pasar tertentu. Ini semua merupakan contoh beragam penggunaan web crawl. Web crawl dapat digunakan oleh siapapun yang melakukan pencarian informasi di Internet.
Web crawl beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan, atau jika tujuannya untuk jangka panjang seperti pada kasus search engine, mereka bisa diprogram untuk menyisir Internet secara periodik untuk menentukan apakah sudah berlangsung perubahan  yang signifikan. Jika suatu situs mengalami trafik sangat padat atau kesulitan teknis, spider atau crawl dapat diprogram untuk mencatat hal ini dan mengunjunginya kembali setelah kesulitan teknis itu terselesaikan dan dilakukan pembenahan serta perbaikan.

Kelebihan
1.        Suatu program atau script otomatis yang relatif simple
2.        Dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine

Kekurangan
1.        Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan

11.  LOOKSMART

Looksmart bukanlah search engine, tapi mempunyai pengaruh besar juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time Warner. Situs ini merupakan yang termasuk berbayar, untuk itu jika anda mempunyai uang,daftarkan juga ke sini.

Kelebihan
1.    Menyediakan produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks

Kekurangan
1.    Situs ini merupakan yang termasuk berbayar


12. WISENUT

Kelebihan
1.    Situs yang ditampung oleh database ini sekitar 579 juta buah
2.    Terdapat 21 bahasa dunia yang berbeda tetapi bahasa Indonesia belum ada
3.    Bebas dari banner iklan dan aneka image yang memberatkan
4.    Menyediakan form isian untuk mencari database yang diinginkan
5.    Adanya pemfilteran terhadap situs-situs pornografi

Kekurangan
1.    Situs ini telah ditutup







13. BAIDU SEARCH ENGINE .

Kelebihan
1.    Baidu Post Bar menyediakan pengguna dengan permintaan masyarakat berbasis dicari untuk bertukar pandangan dan berbagi pengetahuan dan pengalaman.
2.    Baidu Berita menyediakan link untuk pilihan lokal, berita nasional dan internasional
3.    Cari MP3 Baidu menyediakan link yang dihasilkan algoritma untuk lagu dan file multimedia lainnya yang disediakan oleh penyedia konten Internet.
4.    Baidu Ensiklopedi
5.    Baidu Internet Tv

Kekurangan
1.    Untuk pencarian tdk secepat google /yahoo
2.    Bahsa didominan oleh bahasa mandarin
3.    Jangkauan artikel/ berita yang dimuat lebih sedikit ditimbang dengan google
4.    Penampilan gambar pada baidu kurang jelas
5.    Proteksi dalam baidu bisa dibilang jelek

 Keterangan ~> Baidu merupanakan searc engine terbesar di cina dan didirikan pada tanggal 18 Januari 2000.



14. ICEROCKET SEARCH ENGINE .

Kelebihan
1.    Dapat mencari gambar
2.    Dapat mencari search engine yang susah dicari
3.    Dapat digunakan untuk mencari dan membuat blog
4.    Ada fasilitas news yang digunakan untuk melihat kabar berita terbaru
5.    Serta mudah untuk melihat daftar video yang baru seperti film bioskop yang hot news

Kekurangan
1.    Kurang begitu populer
2.    Susah dicari tentang informaasi situs web tersebut
3.    Sulit untuk memahami cara memakai web
4.    Cara pemakaian dan fasilitas yang kurang memadai


15.  ENTIREWEB SEARCH ENGINE .

Kelebihan
1.    Memiliki web crawler sendiri,Speedy Spider(penjelajah web otomatis yang digunakan untuk membuat indeks pencarian)
2.    Memiliki satu algoritma merangkak terpandai
3.    Terhubung ke banyak web – web lain


Kekurangan
1.    Kadangkala tidak menampilkan hasil yang diinginkan.
2.    Kenndala bahasa

 Penemu : Marcus Andersson 


16.  FINDTOYOU SEARCH ENGINE .

Kelebihan
1.    Dapat mengklasifikasikan pencarian , sehingga user dapat mudah memilih jenis file yang ingin dicari, berbeda dengan search engine sejenisnya yang hanya mampu mencari 1 atau 2 file saja.

Kekurangan
1.    Masih agak lambat , meskipun akses internetnya bagus.


17.  BASIGI SEARCH ENGINE .

Kelebihan
1.    Pada home-page basigi yang menyediakan link/taut statistik yang gunanya untuk menunjukan pemakai pada kata kunci (keyword) yang paling populer, kategori terpopuler, dan juga presentase pencarian.
2.    Terdapat informasi real-time yang sekarang sedang menjadi trend di mesin pencari lain, beserta kata kunci serta konten yang berhubungan dengan yang kita cara dengan suatu keyword.
3.    Menyediakan tempat untuk mengirim alamat URL.

Kekurangan
1.    Belum begitu banyak sumber artikel yang bisa digali.
2.    Tampil dengan fitur terbatas pada pencarian berita.


18.  SOLUSEE.COM

ialah search engine yang dibuat oleh orang indonesia (local),dan Anda dapat mencari universitas bina nusantara atau memori super besar

Kelebihannya :
anda dapat mencari langsung alamat - alamat universitas yaang ada di indonesia.

kekurangannya :
situs ini cuma bida mencari alamat-alamat universitas, sekolah, dsb.
situs ini juga tidak bisa mencari situs web lainnya.
dan tampilannya pun terlalusederhana.


19.  AOL.COM

adalah mesin pencari atau perusahaan jasa search engine yang bekerja sama dengan google.com
kelebihan :
1.    download di aol lebih cepat
2.    bisa mwmbuat surat elektronik
kekurangannya :
1.    fiturnya sangat kurang
2.    dan mesin pencarinya pun kurang akurat


20. ZUULA

Mesin pencari ini cukup cerdik karena ia dapat memanfaatkan beberapa Search engine terkenal sebagai enginenya, diantanya Google, Yahoo, MSN, Gigablast, Exalead, Alexa, Accoona  dan Mojeek. jadi bisa dikatakan zuula adalah semacam portal yang berguna dalam memudahkan pencaian.

Kelebihan :
Zuula tentu saja memberikan kita kemudahan cepat dalam melakukan pencarian, terutama kita hanya melakukan perpindahan  tab untuk melakukan pencarian ke search engine yang lain, kelebihan lainnya pada meta search engine dimana zuula  akan menampilkan pencarian terpisah dalam kategori yang berbeda, yaitu web, images, video, news, blog, jobs.

Kekurangan
Zuula bukanlah mesin pencari tunggal karena zuula tidak mempunyai index database sendiri

Komentar

  1. mempermudah mengerjakan tugas. terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.. Kebetulan itu tugas ku juga tahun lalu. Dari pada dibuang mending di publikasikan ke Blog..

      Hapus
    2. iyaa.. lebih bermanfaat juga buat orang lain.

      Hapus
    3. iyaa.. lebih bermanfaat juga buat orang lain.

      Hapus
    4. iyaa.. lengkap jugaa.. terimakasih yaa..

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. wah bagus nih referensinya makasih banyak y..


    Kunjungi juga berita seputar jabodetabek terkini
    Infonitas.com

    BalasHapus
  4. Informasi yang sangat bermanfaat, Terima Kasih gan....
    Sukses selalu

    KERJA SAMPINGAN

    BalasHapus
  5. Wah saya belum mencoba semua sich gan, hanya beberapa saja. Tapi belum lama ini saya mencoba produk baidu namanya Du Browser, soalnya lagi ada gebyar akhir tahun berhadiah motor dan lain-lain.

    BalasHapus
  6. Ya, pingin coba saja, siapa tau saya berutung mendapatkan salah satu hadiahnya kan lumayan hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENCARIAN EFEKTIF DENGAN GOOGLE

Pengertian Android